BUKU HOME INDUSTRY PANDUAN USAHA MANDIRI

Buku Home Industry ini merupakan buku keterampilan yang berisi keterampilan praktis tentang home industry sehingga dengan modal keterampilan diharapkan dapat mempunyai keahlian.

Buku Keterampilan yang ada di tangan Anda ini disusun sebagai upaya untuk mewujudkan program pemerintah dalam pemberdayaan pelaksanaan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL). Sehingga buku ini dapat digunakan oleh peserta didik, khususnya SMA/sederajat. Karena buku ini terintegrasi dengan kompetensi dasar SMA dan sesuai dengan tujuan awalnya. Tujuannya yaitu untuk memotivasi dan memberdayakan para lulusan SMA/sederajat yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Tujuannya agar mampu berkarya (menciptakan lapangan pekerjaan), tidak hanya berorientasi untuk mencari pekerjaan. Demikian juga dengan lulusan tingkat yang lebih tinggi atau rendah (SD, SMP) dan juga masyarakat umum agar mampu berwiraswasta/berwirausaha.

Adapun keistimewaan dari buku ini adalah tidak hanya bersifat konseptual. Tetapi juga bersifat aplikatif yang dapat diperagakan oleh setiap guru mata pelajaran ataupun instruktur khusus yang berhubungan dengan bidang tersebut. Hal itu dapat mempermudah sosialisasi isi buku ini, baik dalam lingkungan pendidikan maupun lingkungan masyarakat.

Buku ini bertujuan untuk memberikan keterampilan praktis tentang Home Industry. Sehingga dengan bermodalkan keterampilan melalui pelajaran Muatan Lokal di sekolah diharapkan para siswa mempunyai keahlian sebagai bekal di masa depannya.

Buku keterampilan ini terintegrasi pada mata pelajaran Biologi dan Sosiologi SMA. Penyusun berharap buku ini dapat membantu para guru dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Di samping itu, buku ini kami susunĀ  dengan menggunakan bahasa sederhana agar mudah dipahami. Oleh karena itu, buku ini dapat juga digunakan oleh semua kalangan masyarakat yang mempunyai minat, ingin menambah wawasan, atau menyalurkan hobinya di bidang Home Industry.

Kehadiran buku ini merupakan bentuk usaha pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan yang tidak hanya menghasilkan lulusan yang memahami konsep atau teori semata, namun mampu menerapkannya di dalam kehidupan sahari-hari. Dengan kata lain bahwa semua ilmu yang diperoleh di bangku sekolah harus dijadikan bekal hidup di masa mendatang.